Saturday, January 21, 2012

software pendidikan

NAMA                 :YULIANTO
TTL                     :Rimbo Bujang,13 Mei 1992

Jenis Kelamin   : Laki-laki
Alamat              : Mendalo Mas Blog C7/22
NIM                   :A1A110011
Prodi                :Pendidikan Ekonomi

Kelas               : A
Angkatan        : 2010
FB                    :Yulians fashter Redsdevile
Email               :Yulianfashter@yahoo.co.id



  • Software Pendidikan


1. SOFTWARE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK SEKOLAH (SIMAS)
SIMAS adalah software pengembangan akademik sekolah melalui pembuatan alur sistem informasi Akademik Sekolah berbasis web / menggunakan teknologi internet. Dengan SIMAS sekolah dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai, merancang strategi-strategi pengembangan akademik kearah yang lebih baik. Manfaat SIMAS antara lain:
  • Memudahkan proses pengelolaan data akademik
  • Memberikan laporan perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar dan memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan anak disekolah
  • Sebagai panduan dalam menyusun kebijakan sekolah
  • Sebagai sarana komunikasi atau media penghubung antara sekolah, orang tua, dan masyarakat
  • Media promosi potensi sekolah
  • Membantu siswa mencari database bahan pelajaran, soal latihan dan tugas sekolah
Fitur data yang tercatat dalam program ini antara lain ;
  • Informasi umum sekolah (profil, kalender akademik dll)
  • Data Induk (mata pelajaran, data karyawan, data siswa dll)
  • Data kegiatan Belajar Mengajar (Jadwal, presensi, Personal monitor/pelanggaran siswa)
  • Pengaturan Sistem (manajemen database)
  •  
2. SOFTWARE PERPUSTAKAAN DIGITAL
Adalah program aplikasi sistem akuntansi untuk mengelola koperasi sekolah. Program ini dilengkapi dengan fitur entry data, processing data, dan report guna memudahkan pengelola koperasi untuk menjalankan layanan pada koperasi yang bersangkutan.

 

3. FINGER PRINT BARCODE KTM (SISWA)



  • software untuk belajar anak dalam pendidikan

Memberikan pelajaran kepada Anak itu tidak selamanya harus mengguanakan metode-metode umum, seperti yang di terapkan di sekolah-sekolah atau lembaga pembelajaran Anak. Sebagai orang Tua memberikan pelajaran extra dirumahpun dapat di lakukan, karena memang peran serta orang tua dalam perkembangan pendidikan anak sangatlah memberikan peranan penting, bahkan lebih dominan. Mungkin anda mempunyai seperangkat komputer dirumah anda, Freeware dibawah ini mungkin bisa membantu perkembangan pendidikan anak dan mengembangkan imajinasinya.

1. Match Maker 
Sebuah software untuk belajar anak yang digunakan untuk melatih konsentrasi dan membantu anak-anak untuk belajar mengenali dan menjodohkan huruf, nomor, warna, bentuk, benda dan binatang.
 
2. Kids ABACUS 2.0 
Program edukasi yang pas untuk anak-anak dibawah 6 tahun. Anak-anak dengan mudah belajar berhitung dengan beragam contoh gambar. Disertai dengan pelafalan dalam bahasa Inggris.Jenis : Freeware,Ukuran : 2,6 MB, Persyaratan : Windows 98/ME/2000/XP,Pembuat : Caltrox Software,Web : www.caltrox.com.



3. The Eemaan Reading Series Image Painter 1.0
Software ini merupakan software yang banyak disukai anak-anak. karena software untuk belajar anak ini merupakan software untuk belajar mewarnai gambar bagi putra-putri anda. Tampilannya sangat sederhana dibanding lainnya. sehingga mudah di pahami untuk anak anda, bahkan dibawah usia 3 tahun sekalipun.Hanya ada beberapa tool di bar sebelah kanan bergambar pensil untuk membuat outline, fill, hapus dan pick. Coba saja, filenya kecil kok.Jenis: freeware, Ukuran file: 370 KB,Persyaratan: Visual Basic 5.0 Runtime Module.

4. Speed Math 3
           Game ini sangat unik, karena bagi sikecil permainan adalah hal yang sangat menyenangkan, dengan game ini selain si kecil bisa bermain balapan, dia juga bisa belajar matematika. Software menggunakan konsep Racing Game untuk mengajarkan matematika dasar. Ada 100 Levels yang bisa dimainkan dengan 5 tingkat kesulitan. Tampilan interface-nya berbasis Windows dengan resolusi layar cukup halus. Jenis : Shareware, Ukuran file : 3 MB, Persyaratan : Windows 95/98/Me/NT/2000/XP, Pembuat : Caltrox Educational Software, Web : www.caltrox.com

5.My ABCD
Software untuk belajar anak ini berguna untuk mengenalkan anak huruf-huruf dan angka, dalam bahasa Inggris. jadi biar masih kecil kita juga harus ajari anak berbahasa Inggris.

6. Practice Multiplication Fact
Software untuk belajar anak ini sangat berguna untuk mereka yang sedang belajar perkalian. Dan tentunya progam ini sangat menarik minat anak untuk lebih giat belajar perkalian

7.ABC Kids Genius
Software belajar untuk anak ini adalah software untuk mengajarkan anak huruf, angka, berhitung, membaca dan mengeja dengan menggunakan suara, gambar dan video klip.Software ini pun bisa digunakan untuk batita dan balita dengan menggunakan metode pengenalan yaitu belajar dengan melihat pembelajaran yang merotasi secara otomatis.
Beberapa manfaat dari ABC Kid Genius:

- Anak-anak usia mulai usia 18 bulan dapat mulai belajar menggunakan keyboard
- Membantu perkembangan anak dalam mempelajari huruf
- Cerita yang dibacakan akan membantu anak bagaimana kata-kata digunakan dalam kalimat
Software ini menjadi mengasyikkan bagi anak karena mereka akan diajak belajar sambil bermain.

8.Balajar Tajwid
Bagi yang ingin belajar tajwid untuk kelancaran membaca Al Qur’an ini ada software flash yang memudahkan anda untuk belajar tajwid. Software ini berbahasa Indonesia dan memberikan keterangan mengenai Huruf Hijaiyah,Hukum bacaan dan disertai dengan contoh dan cara membacanya dilengkapi dengan audio.

9. Software balajar Mengaji.
Bagi anda para muslim atau buat anak yang masih belum bisa mengaji, maka sekarang ada terobosan baru dalam mempelajari huruf-huruf hijaiyah. Jadi anda tidak akan susah lagi untuk mencari ustadz untuk mengajari anda dalam membaca Al-qur’an. Al Qur’an merupakan kitab suci bagi anda umat islam dan kita wajib membacanya. Jika anda masih belum dapat membaca Al-Qur’an maka ini aplikasi solusinya.
 
10.Belajar Membaca TK Dasar (TK-SD)
Dalam software ini, berlatih membaca fokus pada materi baca yang sudah dipersiapkan seperti membaca dengan sistem iqra.Konten program menampilkan kumpulan kata-kata dan kalimat yang dibagi dalam beberapa Sub Menu Pelajaran dari 1 sd. 25. Khusus pelajaran 25 memuat refleksi keseluruhan pelajaran. Jika anak sudah bisa membaca materi pelajaran 25 (a-z) berarti anak sudah lulus materi dasar membaca dan dapat melanjutkan ke software Membaca Tk. lanjut.Materi yang disajikan berdasarkan pertimbangan bahwa anak setelah menyelesaikan program ini akan mampu membaca tingkat dasar sebelum masuk pada materi membaca tingkat lanjut. Semua kualifikasi yang dibutuhkan untuk bisa membaca tk. dasar sudah disusun secara lengkap



 kesimpulan

Jadi aplikasi dua program dalam pendidikan itu sangat lah bermanfaat abgi pengguna nya. Dengan aplikasi tersebut, pebelajar akan mudah mengetahui pembelajaran dan mudah mengikutinya. Demikin tulisan singkat tentang aplikasi open source untuk dunia pendidikan ini. Semoga dapat membuat cerah dunia pendidikan di Indonesia. Apabila ada kritik atau saran yang membangun, penulis akan dengan senang hati akan menerima.



No comments:

Post a Comment